Nikmatnya Nasi Timbel Merah dengan Sambal Terasi dan Ulukuteug

Untuk orang Sunda, nasi timbel bukan barang yang aneh. Nasi timbel merupakan nasi yang di bungkus di dalam daun pisang. Bisa dari beras putih ataupun dari beras merah campur beras putih. Pembuatannya juga tidaklah sulit, nasi yang sudah matang dikipas, dimasukan ke dalam daun pisang dengan porsi tertentu, kemudian digulung, dikukus lagi dan selesailah kemudian dihidangkan. Biasanya nasi timbel disajikan dengan ayam, ikan, atau daging goreng, tahu, tempe goreng, ikan asin, sayur asem dan tentunya sambal terasi.

Nah, kali ini nasi timbelnya agak mirip-mirip, tapi tetap berbeda. Namanya nasi timbel Ibu Oneng [seperti tokoh sinetron TV aja]. Lokasinya terletak di jl. Citarum, seputaran mesjid Istiqomah dekat SMU Negeri 20 Bandung. Warungnya tendaan sih, tapi cukup bersih kok.

Tentu saja makanannya yang menjadi favorit bagi saya. Selain timbel nasi putih, di sini juga tersedia timbel nasi merah. Bentuknya tidak lonjong seperti silinder pada umumnya, bentuknya seperti bulatan/kepalan, ukurannya pun cukup sekitar satu kepal orang dewasa. Nasinya padat, dan mengenyangkan.

Di warung Bu Oneng ini, tersedia berbagai lauk, mulai dari ikan mas, mujaer, bawal, daging ayam, jeroan sapi, sate usus dan ati ampela, aneka pepes ikan, usus, ayam dan tahu, tentu saja tidak ketinggalan tahu dan tempe goreng. Sambalnya hanya tersedia dua macam saja: sambal cabai merah terasi dan Ulukuteug [bener tidak ya cara menulisnya]. Yang membedakan dari tempat nasi timbel lainnya adalah sambal terasi di sini agak encer dan agak manis. Tidak terlalu pedas. Sambal ulukuteug: sambal yang terbuat dari oncom yang dicampur dengan leunca [sebangsa terong-terongan ukuran lebih kecil sedikit dari kelereng dan terasa agak pahit]. Kedua sambal ini disajikan bersama dalam menu masakan.

Yang menjadi favorit saya setiapmakan di tempat ini adalah nasi merah timbel, lauknya ikan mas goreng atau pepes ikan mas yang dipanaskan dengan digoreng sebentar, ditambah dua buah tahu goreng. Saya suka ikan mas,karena rasa dagingnya yang gurih dan enak, ditambah campuran dua sambal yang karakternya berbeda dicampur dengan nasih merah, dilidah betul-betul merupakan campuran yang nikmat.

Untuk harga, tidaklah terlalu mahal, nasi timbel dengan ikan mas goreng dan dua buah tahu plus lalapan dan teh tawar panas, anda cukup mengeluarkan uang sebersar Rp. 9000 saja.

Di tempat ini anda tidak perlu kuatir mengantri, karena walaupun cukup ramai, tetap mudah dan cepat untuk bisa dilayani. Yang perlu diperhatikan mereka cepat habis karena lebih banyak dari pesanan. Misalnya sekali pesan 50 porsi.

Pagi hari di warung ini biasanya kang Ayeng Samsudin melayani kita dengan tiga orang karyawannya,sedangkan ibu Oneng biasanya datang sekitar jam 8 atau 9. Warung ini buka dari jam 07.00 sampai jam 15.00, sering juga sebelum jam tersebut sudah habis.

Mari, silahkan mencoba, kaki lima warung tenda, warung nasi timbel Ibu Oneng…..

5 Comments (+add yours?)

  1. Ria
    Jan 20, 2011 @ 04:07:19

    Jadilah wanita yang terbaik itu mencerminkan sikap pribadi diri kamu sendiri.
    Jagalah sopan santun dalam pergaulan.

    Reply

  2. Ria
    Jan 20, 2011 @ 04:24:04

    Benarkan wanita senang dengan pakai yang seksi??

    Reply

  3. Ria
    Jan 20, 2011 @ 06:25:05

    Benarkah wanita suka memakai pakaian yang modes??
    Karena wanita mempunyai daya pikat yang kuat.

    Reply

  4. Ria
    Jan 26, 2011 @ 03:23:29

    Sekarang banyak sekali baju baru dengan model yang motif dan seksi..!
    Tapi lebih seksi kalau kita pakai yang sopan.

    Reply

  5. Ria
    Jan 26, 2011 @ 03:24:33

    Sayangi orang lain seperti kamu menyayangi dirimu sendiri.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: