Ketupat Sayur Padang Bumbu Pical

Masakan Sumatera, bagi saya sudah tidak asing lagi. Sekalipun saya berdarah Jawa-Manado, saya cukup menggemari masakan Sumatera, khususnya masakan Padang. Ada banyak makanan khas Padang yang begitu populer seantero Indonesia, bahkan sampai ke manca negara, misalnya rendang dan gulai ayam. Yang lainnya cukup dikenal, yang lainnya mungkin kurang dikenal. Adea satu makanan khas Padang yang mengingatkan saya pada masa lalu, sewaktu saya tinggal di Sumatera [saya lahir di Banda Aceh], Ketupat Sayur Padang.

Mungkin anda yang belum tahu ketupat sayur Padang, akan bertanya, makanan seperti apa itu. Ketupat  sayur ini, pada dasarnya terdir dari ketupat yang dipotong-potong, lalu disiram sayur buncis dan nagka yang dimasak gulai, diberi telur rebus gulai dan kerupuk yang berwarna merah jambu. Tentu saja, pedas, jika tidak pedas, mungkin orang yang beli tidak akan suka.

 

Kali ini, saya mencoba ketupat sayur Padang ini, tapi yangmembedakan adalah ketupat sayur Padang ini menggunakan bumbu pical [tidak ada hubungan dengan petinju Indonesia berdarah Maluku ya…]. Semua bahan yang saya sebutkan di atas tadi semuanya ada lengkap, hanya bedanya ada tambahan bumbu pical, ketupat disiram dengan bumbu pical. Bumbu pical, bagi orang di Jawa sama dengan bumbu pecel hanya sudah dimasak dan agak encer serta pedas. Ini yang agak membedakan ketupat sayur ini dengan tempat lainnya.

Menurut pak Muhtar dan uni Uun, ketupat sayur Padang itu memang ada yang khas dengan tambahan bumbu pical, sehingga rasa gurihnya berpadu antara gurih santan gulain dengan gurih manis bumbu pical. Bagi saya ini sensai baru dan sangat menarik. Lidah dan mulut saya serasa menerima sesuatu yang unik tanpi sangat lezat, membuat tidak mau berhenti.  

 

Warung ketupat sayur Padang Bukit Tinggi ini sudah 3 tahun lamanya berjualan di Jl. Tubagus Ismail no. 1, di depan rumah makan Bukit Tinggi. Jam operasionalnya mulai jam 05.00  sampai paling telat jam 11.00. Pagi-pagi benar bukanya, Bandung yang dingin dengan ketupat sayur yang panas dan pedas…. Benar-benar nikmat.

Pak Muhtar menambahkan, kebanyakan pelangganya adalah para pendatang, karena di daerah Tubagus Ismail, banyak mahasiswa dari daerah lain yang menetap di situ. Hanya dengan Rp. 5000 saja kita sudah bisa menikmati ketupat sayur Padang Bukit Tinggi dengan bumbu pical, tidak terlalu pedas kok, bagi saya malah agak kurang rasa pedas.  

 

Kalau anda biasa bangun pagi, mau jalan-jalan ke daerah simpang Dago,  ketupat ini salah satu yang saya rekomendasikan.Sluurrp,nikmat….

7 Comments (+add yours?)

  1. kasihan deh
    Jul 15, 2010 @ 02:25:34

    di simpang dago banyak yang jual ketupat sayur bos… tapi yang ini ane blum pernah coba….

    Reply

  2. mei linda
    Jul 15, 2010 @ 02:55:17

    jadi ingat waktu gw di Medan,, tiap pagi di kasih sarapan ketupat sayurrr.. tapi ga pake bumbu pical … hahaa,, perlu di cobaaa nieee

    Reply

  3. Lina
    Jul 15, 2010 @ 02:59:07

    Wah … Mesti dicoba nich ….

    Reply

  4. menterimasak
    Jul 17, 2010 @ 02:22:36

    coba deh, varian rasa nya sangat berbeda, sayur gulai plus bumbu kacang, benar-benar nikmat….

    Reply

  5. pulsa murah
    Aug 03, 2010 @ 01:28:45

    nyami…. aku suka tupat tahu… seger… pedes uwie….. lebih nikmat……

    Reply

  6. menterimasak
    Aug 12, 2010 @ 02:23:36

    @pulsa murah: wah bener memang enak, beda banget dengan rasa kupat padang yang lain….

    Reply

  7. exannouncer
    Aug 28, 2010 @ 09:18:44

    wesss sedap abis nih….

    Reply

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

