Eksotisnya Roti Bumbu Bakar Bandung

 

Nama roti bumbu bakar bandung sepertinya sudah terkenal seantero jagad perjajanan.  Kalau kita sering jalan ke beberapa kota di Jawa maupun di luar jawa, kita akan sering menjumpai tulisan seperti ini “Roti Bumbu Bakar Asli Bandung”.

Pada dasarnya, roti bumbu bakar bandung ini, adalah roti tawar, baik besar maupun bulat memanjang, dengan olesan mentega, berbagai selai, taburan meises, keju, kornet, susu kental manis dan kemudian dibakar. Untuk membakarnya, dilakukan diatas lempengan khusus seperti yang ada di tukang martabak telur.

Di Bandung ada beberapa tempat yang menjual roti bumbu baker dengan masing-masing  ciri khasnya sendiri. Bahkan untuk merek tertentu menjualnya dengan gerobak-gerobak yang keliling di seantero Bandung.

Kalau, anda orang asli Bandung atau setidaknya sudah tinggal lama di Bandung, dan penggemar roti bakar,  tentunya roti bakar yang satu ini sudah tidak asing lagi. “Roti Bakar  234” asli Bandung, atau orang-orang lebih mengenalnya sebagai roti bakar Gang Kote, karena letaknya di mulut Gang Kote, Jl. Jend. Sudirman Bandung. Roti Bakar 234, mengingatkan saya pada salah satu merek sigaret, mungkin pemiliknya ingin rotinya seterkenal sigaret tersebut.

Menurut cerita, roti ini sudah lama, sejak jaman baheula-lah kata orang Sunda. Roti ini salah satu roti ala Jadul yang difavoritkan saya dan keluarga, terutama anak-anak saya. Yang membuat kami memilih roti ini jadi salah satu favorit adalah:

  • Rotinya, tidak terlalu kasar, tapi juga tidak terlalu lembut, cukuplah, tapi padat dan teksturnya enak kalau di gigit dan dikunyah.
  • Toppingnya, berbeda dengan di tempat lain, rasanya lebih mantap, lebih eank, baik selai meises, keju, ataupun kornetnya, menggunakan beberapa merek terkenal di Bandung. Selain itu tentunya melimpah ruah sampai tumpah, banjir….
  • Bakarnya, special, beda dengan tempat lain. Di sini roti dibakar dengan menggunakan bara arang, jadi aromanya jelas berbeda.
  • Kalau semau pilihan sudah disatukan kemudian dibakar, yang good masogood adalah rasanya. Menurut saya untuk tipikal roti gaya “Jadul”, ini yang paling TOP.

Waktu jualan roti Gang Kote ini juga pas banget dengan selera perut, mulai dari jam 15.00 sampai sehabisnya. Baisanya kalau lagi ramai sebelum jam 20.00 roti sudah habis.

Untuk yang mencari alternatip oleh-oleh atau jajanan lain di kota Bandung, saya merekomendasikan Roti Gang Kote ini. Lokasi tepatnya dimana? Mudah, kalau anda tahu Mesjid Agung Bandung, lurus tersu aja ke Barat, karena jalanya searah, setelah lampu merah Jl. Otto Iskandardinata, sekitar 20 meter di sebelah kiri ada gang, dan di mulut gang itulah, Roti akar 234 berada. Silahkan mencoba, jangan ragu memesan variasi campuran rasa yang bermacam-macam.

About these ads

3 Comments (+add yours?)

  1. Lina
    Jul 12, 2010 @ 03:36:11

    Wah luar biasa… Saya suka sekali dengan info – info di website ini.
    Saya pastinya pengunjung tetap website :-)
    Good job and good work. Te Ou Pe lah !!!!!

    Reply

  2. mei linda
    Jul 12, 2010 @ 05:16:36

    waaah klo roti bakar ini emmang favorit…. persis sebelahan dengan toko obat pandu sudirman,,,,

    Reply

  3. faza
    Jul 15, 2010 @ 02:37:43

    pokok e mak nyus………………………….

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: